Asma ul Husna

Asmaaulhusna

No.

Nama

Arab

Indonesia

Inggris

Allah

الله

The God

1

Ar Rahman

الرحمن

Yang Memiliki Mutlak sifat Pengasih The All Beneficent

2

Ar Rahiim

الرحيم

Yang Memiliki Mutlak sifat Penyayang The Most Merciful

3

Al Malik

الملك

Yang Memiliki Mutlak sifat Merajai/Memerintah The King, The Sovereign

4

Al Quddus

القدوس

Yang Memiliki Mutlak sifat Suci The Most Holy

5

As Salaam

السلام

Yang Memiliki Mutlak sifat Memberi Kesejahteraan Peace and Blessing

6

Al Mu`min

المؤمن

Yang Memiliki Mutlak sifat Memberi Keamanan The Guarantor

7

Al Muhaimin

المهيمن

Yang Memiliki Mutlak sifat Pemelihara The Guardian, the Preserver

8

Al `Aziiz

العزيز

Yang Memiliki Mutlak Kegagahan The Almighty, the Self Sufficient

9

Al Jabbar

الجبار

Yang Memiliki Mutlak sifat Perkasa The Powerful, the Irresistible

10

Al Mutakabbir

المتكبر

Yang Memiliki Mutlak sifat Megah, Yang Memiliki Kebesaran The Tremendous

11

Al Khaliq

الخالق

Yang Memiliki Mutlak sifat Pencipta The Creator

12

Al Baari`

البارئ

Yang Memiliki Mutlak sifat Yang Melepaskan (Membuat, Membentuk, Menyeimbangkan) The Maker

13

Al Mushawwir

المصور

Yang Memiliki Mutlak sifat Yang Membentuk Rupa (makhluknya) The Fashioner of Forms

14

Al Ghaffaar

الغفار

Yang Memiliki Mutlak sifat Pengampun The Ever Forgiving

15

Al Qahhaar

القهار

Yang Memiliki Mutlak sifat Memaksa The All Compelling Subduer

16

Al Wahhaab

الوهاب

Yang Memiliki Mutlak sifat Pemberi Karunia The Bestower

17

Ar Razzaaq

الرزاق

Yang Memiliki Mutlak sifat Pemberi Rejeki The Ever Providing

18

Al Fattaah

الفتاح

Yang Memiliki Mutlak sifat Pembuka Rahmat The Opener, the Victory Giver

19

Al `Aliim

العليم

Yang Memiliki Mutlak sifat Mengetahui (Memiliki Ilmu) The All Knowing, the Omniscient

20

Al Qaabidh

القابض

Yang Memiliki Mutlak sifat Yang Menyempitkan (makhluknya) The Restrainer, the Straightener

21

Al Baasith

الباسط

Yang Memiliki Mutlak sifat Yang Melapangkan (makhluknya) The Expander, the Munificent

22

Al Khaafidh

الخافض

Yang Memiliki Mutlak sifat Yang Merendahkan (makhluknya) The Abaser

23

Ar Raafi`

الرافع

Yang Memiliki Mutlak sifat Yang Meninggikan (makhluknya) The Exalter

24

Al Mu`izz

المعز

Yang Memiliki Mutlak sifat Yang Memuliakan (makhluknya) The Giver of Honor

25

Al Mudzil

المذل

Yang Memiliki Mutlak sifat Yang Menghinakan (makhluknya) The Giver of Dishonor

26

Al Samii`

السميع

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Mendengar The All Hearing

27

Al Bashiir

البصير

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Melihat The All Seeing

28

Al Hakam

الحكم

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Menetapkan The Judge, the Arbitrator

29

Al `Adl

العدل

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Adil The Utterly Just

30

Al Lathiif

اللطيف

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Lembut The Subtly Kind

31

Al Khabiir

الخبير

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Mengetahui Rahasia The All Aware

32

Al Haliim

الحليم

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Penyantun The Forbearing, the Indulgent

33

Al `Azhiim

العظيم

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Agung The Magnificent, the Infinite

34

Al Ghafuur

الغفور

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Pengampun The All Forgiving

35

As Syakuur

الشكور

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Pembalas Budi (Menghargai) The Grateful

36

Al `Aliy

العلى

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Tinggi The Sublimely Exalted

37

Al Kabiir

الكبير

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Besar The Great

38

Al Hafizh

الحفيظ

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Menjaga The Preserver

39

Al Muqiit

المقيت

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Pemberi Kecukupan The Nourisher

40

Al Hasiib

الحسيب

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Membuat Perhitungan The Reckoner

41

Al Jaliil

الجليل

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Mulia The Majestic

42

Al Kariim

الكريم

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Pemurah The Bountiful, the Generous

43

Ar Raqiib

الرقيب

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Mengawasi The Watchful

44

Al Mujiib

المجيب

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Mengabulkan The Responsive, the Answerer

45

Al Waasi`

الواسع

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Luas The Vast, the All Encompassing

46

Al Hakiim

الحكيم

Yang Memiliki Mutlak sifat Maka Bijaksana The Wise

47

Al Waduud

الودود

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Pencinta The Loving, the Kind One

48

Al Majiid

المجيد

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Mulia The All Glorious

49

Al Baa`its

الباعث

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Membangkitkan The Raiser of the Dead

50

As Syahiid

الشهيد

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Menyaksikan The Witness

51

Al Haqq

الحق

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Benar The Truth, the Real

52

Al Wakiil

الوكيل

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Memelihara The Trustee, the Dependable

53

Al Qawiyyu

القوى

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Kuat The Strong

54

Al Matiin

المتين

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Kokoh The Firm, the Steadfast

55

Al Waliyy

الولى

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Melindungi The Protecting Friend, Patron, and Helper

56

Al Hamiid

الحميد

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Terpuji The All Praiseworthy

57

Al Mushii

المحصى

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Mengkalkulasi The Accounter, the Numberer of All

58

Al Mubdi`

المبدئ

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Memulai The Producer, Originator, and Initiator of all

59

Al Mu`iid

المعيد

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Mengembalikan Kehidupan The Reinstater Who Brings Back All

60

Al Muhyii

المحيى

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Menghidupkan The Giver of Life

61

Al Mumiitu

المميت

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Mematikan The Bringer of Death, the Destroyer

62

Al Hayyu

الحي

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Hidup The Ever Living

63

Al Qayyuum

القيوم

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Mandiri The Self Subsisting Sustainer of All

64

Al Waajid

الواجد

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Penemu The Perceiver, the Finder, the Unfailing

65

Al Maajid

الماجد

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Mulia The Illustrious, the Magnificent

66

Al Wahiid

الواحد

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Tunggal The One, the All Inclusive, the Indivisible

67

Al Ahad

الاحد

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Esa The Unity, The Indivisible

68

As Shamad

الصمد

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Dibutuhkan, Tempat Meminta The Self Sufficient, the Impregnable, the Eternally Besought of All, the Everlasting

69

Al Qaadir

القادر

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Menentukan, Maha Menyeimbangkan The All Able

70

Al Muqtadir

المقتدر

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Berkuasa The All Determiner, the Dominant

71

Al Muqaddim

المقدم

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Mendahulukan The Expediter, He who brings forward

72

Al Mu`akkhir

المؤخر

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Mengakhirkan The Delayer, He who puts far away

73

Al Awwal

الأول

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Awal The First

74

Al Aakhir

الأخر

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Akhir The Last

75

Az Zhaahir

الظاهر

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Nyata The Manifest; the All Victorious

76

Al Baathin

الباطن

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Ghaib The Hidden; the All Encompassing

77

Al Waali

الوالي

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Memerintah The Patron

78

Al Muta`aalii

المتعالي

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Tinggi The Self Exalted

79

Al Barri

البر

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Penderma The Most Kind and Righteous

80

At Tawwaab

التواب

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Penerima Tobat The Ever Returning, Ever Relenting

81

Al Muntaqim

المنتقم

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Penyiksa The Avenger

82

Al Afuww

العفو

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Pemaaf The Pardoner, the Effacer of Sins

83

Ar Ra`uuf

الرؤوف

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Pengasih The Compassionate, the All Pitying

84

Malikul Mulk

مالك الملك

Yang Memiliki Mutlak sifat Penguasa Kerajaan (Semesta) The Owner of All Sovereignty

85

Dzul Jalaali Wal Ikraam

ذو الجلال و الإكرام

Yang Memiliki Mutlak sifat Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan The Lord of Majesty and Generosity

86

Al Muqsith

المقسط

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Adil The Equitable, the Requiter

87

Al Jamii`

الجامع

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Mengumpulkan The Gatherer, the Unifier

88

Al Ghaniyy

الغنى

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Berkecukupan The All Rich, the Independent

89

Al Mughnii

المغنى

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Memberi Kekayaan The Enricher, the Emancipator

90

Al Maani

المانع

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Mencegah The Withholder, the Shielder, the Defender

91

Ad Dhaar

الضار

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Memberi Derita The Distressor, the Harmer

92

An Nafii`

النافع

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Memberi Manfaat The Propitious, the Benefactor

93

An Nuur

النور

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Bercahaya (Menerangi, Memberi Cahaya) The Light

94

Al Haadii

الهادئ

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Pemberi Petunjuk The Guide

95

Al Baadii

البديع

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Pencipta Incomparable, the Originator

96

Al Baaqii

الباقي

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Kekal The Ever Enduring and Immutable

97

Al Waarits

الوارث

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Pewaris The Heir, the Inheritor of All

98

Ar Rasyiid

الرشيد

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Pandai The Guide, Infallible Teacher, and Knower

99

As Shabuur

الصبور

Yang Memiliki Mutlak sifat Maha Sabar The Patient, the Timeless

75 responses to “Asma ul Husna

  1. Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamualaikum wr wb

    Selamat hari Raya Idul Fitri 1429 H.

    Mohon maaf atas semua salah, khilaf, tulisan yang menyakitkan hati, menyinggung perasaan, serta bersitan-bersitan hati yang pernah berprasangka.

    Semoga Allah SWT menyempurnakan pahala ibadah kita di bulan Ramadhan tahun ini.

    Semoga Allah SWT selalu mencurahkan hidayahnya, agar kita mampu meningkatkan kualitas ibadah kita pada Nya.

    sama2 mas arif, Mohon maaf lahir batin…selamat menempuh hidup baru ;)

  2. semoga kita semua dapat memahami makna ke-99 nama ini. syukur2 bisa menghafalkannya sekalian, ya gak mas..?
    btw, kapan nih update blognya, sibuk terus ya..

  3. hmmmm…
    asmaul husna…
    dulu sempet kepikiran mo bikin screensaver asmaul husna..
    cuma gak kepikiran gimana bentuk animasinya..
    jadi ya sampai sekarang gak di terusin deh.. :D

    *malah kepikir mo bikin screensaver yg laen*

  4. assalamu alikum wr.wb,
    tulisan asmaul husna ini,insya alloh akan selalu berdzikir kepada yang menulis.

    mudah2an mendapatkan barokah serta rahmat dalam kehidupan.

    dan limpahan rejeki :
    1.rejeki keimanan
    2.rejeki kemerdekaan
    3.rejeki keluarga /kasih sayang
    4.rejeki kesehatan
    dan
    5.rejeki harta

  5. Salam kenal … tanya2 donk di sini … Makasih banget kalo di blogroll

  6. IKA HERDIANA FRIARESTA

    rezeki ilmu…

  7. mohon izin donwload, matur nuwun

  8. Tubuh manusia 80% terdiri dari air, dengan zikir kandungan air yang ada di tubuh kita akan menjadi kristal yang bagus (lihat buku Power of Water). Dengan demikian mendapat kristal yang bagus mempengaruhi sel-sel tubuh kita sehingga kita lebih sehat dan secara tidak langsung menjauhkan godaan setan yang terkutuk.. Percayalah ALLAH SWT MAHA BESAR.

    Nb. Dengarkanlah ayat-ayat ALLAH SWT sambil Bekerja karena banyak manfaatnya tanpa diduga.. saya sudah membuktikannya.

  9. Ping-balik: Dzikir Asmaul Husna « The Signs

  10. Ping-balik: Dzikir Asmaul Husna « Fazilat Amal

  11. maaf, itu kurang satu ya asmaul husnanya. kalau ditambah Allah, jadinya harus 100 donk bukan 99

  12. kurang nama Ahad

  13. bimbinglah kami yang mau kembali kejalanmu Ya Rabb,

  14. saya pminta tiaolaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  15. inna lillah wa inna lillah

  16. ya…memang ada yg asmaul husna dengan nama Ahad, tp ada juga yang dengan lafadz Allah…

  17. Kaharuddin Hanafi

    Ass,
    Mohon maaf sebelumnya…. kenapa asmaaul-husna yang ditampilakn Al-Ahad ( Yang Maha Esa ) kok tidak ada……

  18. semoga dengan aku membaca asmaul husnah masalah ku bisa selesai dan tidak merugikan orang lain..ya Allah engkau maha Pengasih lagi maha Penyayang..amin

    • Asmaul husna bukan hanya untuk dibaca, tapi di pahami, diresapi dan diteladani. karena pengamalan itulah asmaul husna “memberikan” manfaat / lantaran pertolongan dari Allah

  19. Alhamdulillah

  20. Ingatlah Sebutir Biji Pasir Hati Ini Berbisik Dia Maha TAU.
    DIA Sengaja Robahkan Rasa Hati Mu”
    Untuk Diri Mu Tau Siapa Aku (ALLAH)’ Dan Siapa Diri Mu.

  21. klo al-fath artinya apa ya???

  22. Ass..salam kenal ..trimakasih mudah2 kita semua bisa mengamalkan Asma ul Husna amiiin…dan bermanfaat dalam kehidupan sehari2 amiin…

  23. Boleh sklian sy salin …

  24. erm . thanx for this , tp xde ker bhase malaysia ? indonesia jewk .

  25. numpang ngopy ya..
    moga bermanfaat

  26. ”KiTa hiduP karna ada yaNg menGhidupkan,,,,,,Thanks ya Allah….
    sunGguh suatu mah karya yang Besar ,,sMoga kita slalu dlam Kebersamaan di jalan mu ya ROB,,,

    Dan dengan Asmaul-husna ini selalu dalam jalan dan lindunganmu,,,Amin

  27. astagfirullah..subhanallah…aku mendengar dan malantunkan 99 nama2 Allah ini tak hentinya air mataku mengalir…ampunillah dosa2ku ya Allah…juga saudara2 muslimat muslimat orang mukmin mukminat yang masih hidup maupun yang sudah meninggal……amin ya Allah ya robbal alamin….

  28. Terimakasih kepada Admin yg telah posting Asmaul Husna.
    sungguh bermafaat, semoga Alloh membalas kebaikannya.

    Amin….

  29. KULO TUMOT NGOPY GEH !
    MATUR SUWON KATAH

  30. Maaf ikut copy

  31. ALKHAMDULILLAH….
    Jaza kumullahu khoiro.

  32. terima kasih atas posting asmaul husna nya y semoa di berkahi oleh ALAAH.SWT

  33. Assalamualaikum wr.wb,
    Minta izin copy ya mas, semuga Allah berkati jasa baikmu…..terima kasih.
    Syukran,
    Jazakumullah

  34. ya ahad nya kok ga ada itu ?

  35. izin mengkopi.. semoga bertambah manfaatnya. amien

  36. Mohon izin untuk mengcopy ya Pak ..

  37. Alhamdulillah Lebih banyak lagi infonya ya

  38. Alkhamdulilah q BSA bertambah lg pengertian asmaul husna.. Semga q bs jd yang terabk dr kmarin.

  39. Ass. Wr. Wb. supaya tidak salah/lebih afdol, saya minta informasi : apakah berarti membaca asmaul husnanya selama 99 hari dan setiap harinya membaca berapa kali. Terima kasih. Wass

    • Allah berfirman yg termaktub dalam Alquran : wahai orang yang beriman, brdzikirlah engkau kepada dengan dzikir yang banyak, dan bertasbihlah di waktu pagi dan petang….

      intinya semakin banyak semakin baik, akan tetapi Allah lebih menyukai ibadah yang rutin (istiqomah), walupun sedikit (apalagi banyak :D )

      semakin banyak dzikir, semakin terbiasa lidah dan hati utk menyebut dan mengingatnya….dengan berdzikir dan memahaami asmaul husna…. insyaAllah akan semakin kenal kita dengan Allah, pendekatan dg nama2 Allah yg indah (asmaul husna).

  40. Assalamualaikum wr.wb,
    Sya mohon izin copy ya mas, semuga Allah swt merahmati jasabaikmu..
    Terima kasih…. :)

  41. saya mautau soholat 5 waktu tapi ga tau

  42. Andi rizky suka al-qur'an

    Moga-mogahan asmaul-husna ini bermanfaat untuk kalian yang berkomenTAR ‘amin’

  43. blognya sangat membantu :)
    jadi bisa sambil chat, bisa sambil ngaji juga .

  44. assalammu’alaikum wr wb… Kenalkan nama saya fahri… Saya mau nanya mas, melakukan dzikir asmaul husna hrs dengan artinya ya mas…. Atas jwbannya saya ucapkan makasih bnyk dan semoga amal ibadah anda di terimah oleh allah, di lapangkan rezeki, keselamatan… Amin, amin ya rabbal alamin…

    • maaf baru balas, :)
      Kalau dzikir diusahakan bahasa arab menjadi bahasa pertama, artinya jangan kita sebut bahasa arabnya terus di otak kita terjemahkan ke bahasa indonesia. dengan seperti ini ada delay pemahaman terhadap apa yang diucapkan. Untuk pembelajaran bolehlah, tapi nantinya diusahakan menjadi bahasa pertama; kita sudah paham dengan bahasa arabnya. Misal ketika kita melafalkan Ya Rohim (Maha Pengasih), begitu disebut Ya Rohim lgsg tergambar semua yang terkait dengan penjabaran maha penyayangnya Allah.

      untuk latihan, bisa dengan setiap kita melafalkan ya rohim-dengan suara lirih- setelah itu kita lafalkan dengan bahasa kita penjabarannya. Tujuannya agar rasa itu bisa hadir setiap menyebut asma ya Rohim

  45. yA’ALLAH SWT KHUMOHON KEPADAMU JABAHLAH DOA2 KHU SESUNGGUHNY TIADA YG KHUSEMBAH DAN KHUMINTA TOLONG KECUALI KEPADAMU YA ALLAH SWT.
    Semanggatkanlah hidupkhu,jauhkanlah Q’dari dosa besar/kecil,tuntunlah Q kejalanmu,Jadikanlah Q orang yg beriman Dan Bertakwa kepadamu,
    sebagaimana NABI BESAR MUHAMMAD SAW.AMIN YA ROBBAL ALAMIN.

  46. tlg dkirim dzikir asmaul husna ini, bserta tata crnya sprti yg sedikit djelaskan datas.
    Mohon bimbing saya scr detail..please..dtmbh amaln istgfar sbg pmbuka pintu rahmat n mengembalikan kpcayaan keluarga..thx wassalam

  47. Aslm.Alhamdulillah. Semoga Allah Selalu memberi rakhmat kepada kita semua. teruslah menulis

  48. Maaf permisi saya mengucapkan trimaksih dan alhamdulillah,pamit mau copy, trmks

  49. aku ingin lebih tau banyak mas tentang asmaul husna??????

    • Allah itu Ghoib, tiada yang tahu tentang dzat-nya. untuk mengenalnya kita dikenalkan dengan sifat-sifat Allah dan nama-namaNya yang indah, karena nama dan sifat itu melekat kepada dzat/substansi Tuhan.

      Hasil rangkuman/pemahaman terhadap nama dan sifat akan melahirkan “sosok” Tuhan di benak kita, yang bisa jadi tidak akan sama di masing-masing orang, tergantung pengalaman batin dan sejauh mana pemikiran/analisa akal dan hidayah dari Allah. Setelah itu mari berhati-hati agar kita tidak memikirkan dzat-nya karena itu dilarang.

  50. assalamualaikum bang admin saya mohon izin copas.

  51. muhammad adhen yoga

    Dzikir mendekatkan diri kita kepada allah

  52. Alhamdulillah
    Semoga dgn doa nama2 allah asmaul husna doa kta di izahbah amin

  53. Alhamdulillahirobbil `aalamiin ana merasa malu sendiri sebagai muslim gak mau berdzikir …………………dengan adanya Mas memberikan pencerahan syukron katsiiron .zaenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s